Minggu, 21 Oktober 2012

AWAL MASUK ISLAM DAN KERAJAAN DEMAK


Pada abad XV, salah seorang yang paling terkenal dan tertua diantara para walidi Jawa ialah Raden Rahmat dari Ngampel Denta. Ia diberi nama sesuai dengan nama kampung di Surabaya. Menurut teks-teks lama, Raden Rahmat itu adalah adik: dan menurut teks-teks tua, yaitu babad, ia adalah kakak. 
Berbicara mengenai letak Cempa, tentunya berhubungan dengan asal para penyebar Islam pertama di Jawa Timur termasuk Raden Rahmat. Dr. Rouffaer (“Sumatera”) berdasarkan dugaan telah mengidentifikasikan Cempa atau Campa ini dengan Jeumpa di Aceh, diperbatasan antara Samalangan (Simelungan) dan Pasangan. Apabila Cempa (=jeumpa) ditukar tempatnya dengan Pasai, maka rute perjalanannya lebih masuk akal.
Sehubungan dengan perdagangan pelaut Islam menggantikan kedudukan orang bukan Islam. Pedagang Islam dianggap sebagai pesaing ketika melewati jalan yang menyusuri pantai Sumatera dan Jawa menuju ke kepulauan remph-rempah Maluku. Bandar-bandar di sepanjang pantai utara Jawa pertama-tama merupakan pangkalan. Kemakmuran bandar0bandar itu bergantung pada persediaan beras yang dapat mereka tawarkan.
Perpindahan kekuasaan politik ke tangan orang Islam terjai dengan dua cara:
1. Bangsawan Jawa yang kafir dengan sukarela memeluk agama baru iru.
2. Orang asing yang beragama Islam dari macam-macam bangsa membuat rumah mereka menjadi kubu pertahanan.
Pada permulaan abad VI, sesudah berdirinya kerajaan-kerajaan Islam di pantai utara Pulau Jawa, datanglah maulana-maulana dari tanah seberang. Mereka akan menetap di Jawa sesudah didirikannya kelompok-kelopok Islam. Para guru yang datang tersebut memperkuat kemanan kelompok-kelompok itu.
Dalm legenda-legenda mengenai masjid Demak, Sunan Kalijaga menduduki tempat yang penting. Dialah yang berjasa memebtulkan kiblat masjid. Beliau jugalah yang memperoleh baju wasiat “Antakusuma”, yang jatuh dari langit di masjid itu di tengah para wali yang sedang bermusyawarah. Baju tersebut juga disebut Kiai Gundil (Gundul) merupakan salah satu “pusaka” raja-raja Jawa. Legenda dan cerita-cerita tradisi penting, karena telah mengungkapkan betapa pentingnya Masjid Demak dan dapat dianggap dongeng yang termasuk sastra keagamaan untuk menghormati orang suci.

Zaman dahulu wilayah Demak terletak di tepi selat di antara Pegunungan Muria dan Jawa namun selat itu akhirnya tidak dapat dilayari. Oleh karena itu Demak tidak dapat digunakan sebagai pelabuhan, maka Jepara menjadi pelabuhan Demak. Sedangkan penghubung Demak dengan daerah pedalaman di Jawa Tengah ialah Sungai Serang. Jalan darat juga cukupo baik dilalui pedati melalui batas daerah perairan yang rendah dari sungai Serang dan Lusi mrnuju lembah bengawan.
Munclunya dan bekuasanya Islam mempengaruhi sejarah Jawa pada abad XVII dan abad-abad berikutnya sehingga zaman sebelum Mataram dianggap kurang penting. Namun dengan ditemukannya Suma Oriental, terbukalah kemungkinann menyusun sejarah Demak yang lebih dapat dipercaya. Antara buku Tome Pires ini dengan buku-buku sejarah Jawa Barat terdapat kesesuaian dalam ham pemberitaan bahwa dinasti Demak dimulai dengan tiga orang raja.
Berdasarkan beberapa berita abad XVII dan yang dari Jawa Barat dapat disimpilkan bahwa asal usul dinasti Demak itu dari Cina pada waktu ini dapat dipercaya. Sebagai raja Demak pertama ialah Raden Patah. Pengganti Raden Patah ialah Pangeran Sabrabg Lor.  Namun pemberitaan Pires dan naskah-naskah sejarah Jawa barat, tidak banyak yang dapat dinyatakan dengan pasti tentang kehidupan penguasa kedua di Demak itu. Tentu saja penting juga diketahui kapan Demak menjadi menjadi kerajaan yang merdeka. Pemimpin Demak yang ketiga adalah Sultan Trenggana. Dari keterangan-keterangan berbagai cerita rakyat Jawa da berita Pires dapat disimpulkan bahwa raja Demak yang ke tigamemerintah pada sekitar 1504 sampai 1546. Dalam waktu itu wilayah kerajaan diperuas ke barat dan timur, dan Masjid Demak telah dibangun sebhai lambang kekuasaan Islam.
Di Jawa para imam masjid hampir selalu disebut “pengulu”. Imam pertama di Masjid Demak ialah Pangeran, putra Pangeran Rahmat dari Ngampel Denta. Ia dipanggil oleh Pangeran Ratu untuk memangku jabatab itu. Imam yang kedua ialah suami cucu Nyai Gede Pancuran yang bernama Makdum Sampang. Kemudian ia digantikan anaknya yaitu Kiai GedengPambayun ing Langgar. Imam yang keempat ialah  sepupu dari pihak ibu pendahulunya, ia anak Nyai Pambarep yang bergelar Pengulu Rahmatullah dari Undung. Sedangkan imam keliam ialah Putra Pengulu Rahmatullah yang bernama Pangeran Kudus atau Pandita Rabani.
Penobatan raja demak dengan gelar sultan diperoleh oleh Sultan Ahmad Abdu’l Arifin yang dianugerahkan oleh syekh Nurullah. Syekh Nurullah yang pernah ke Tanah Suci, Mekah karena terpengaruh internasionalisasi Islam menganjurkan kepada raja Demak untuk bertingkah laku sebagai raja Islam benar-benar.
Legenda Jawa mengenai direbutnya Majapahit oeh orang Islam dapat dibagi menjadi dua kelompok :
1. Cerita yang menunjukkan segala pujian kepada para alim Islam, dan terutama kepada para ulama dari Kudus.
2. Cerita yang menyanjung Raden Patah, Raja Demak, sebagai pahlawan.
Cerita kelompok pertama itulah yang paling lengkap. Cerita itu terdapat dalam naskah-naskah cerita Jawa Timur dan Jawa Tengah. Cerita kelompok kedua, dimuat dalam babad dari Jawa Tengah yang berisi sejarah keluarga Raja Mataram. Ceritanya lebih ringkas daripada yang termasuk kelompok pertama dan bercorak legenda, diwarnai oleh peran alam gaib.
Apabila cerita-cerita Jawa mengenai jatuhnya Majpahit dibandingkan, ada dua hal yakni keimanan kelompok alim ulama Islam, yakni golongan mmenengah, dipimpn oleh para pemuka yang semula merupakan imam-imam di masjid dan cita-cita politis yang mengarah ke perluasan wilayah kekuasaan dan kemerdekaan kerajaan-kerajaan Islam muda di Jawa Tengah.
Ibukota Islam Demak, menjadi titik tolak perjuangan pada dasawarsa-dasawarsa pertama abad XVI, untuk menyebarkan agama Islam ke barat. Tindakan bersenjata yang dilakukan orang Jawa Tengah, untuk memulihkan atau memantapkan kekuasaan Sultan, dapat dianggap salah satu tindakan kekuasaan maharaja Islam itu. Sedangkan meluaskan daerah ke timur Demak seperti pengusaan wilayah Tuban (1527), Wirasara (1528), Gagelang atau Madiun (1529), Medangkungan (1530), Surabaya (1531), Pasuruan (1535), Lamongan, Blitar, dan Wirasaba (1541-1542), Gunung Penanggungan (1543), Mamenang (1544), dan Sengguruh (1545).
Sesudah kehilangan ibukotanya, Brawijaya raja terakhir di Majapahit menyingkir ke timur. Ia dan penduduk Jawa Timur yang kafir melawan ekspansionisme umat Islam Jawa Tengah. Perang terjadi pada 1468 J (1546), perebutan Blambangan berhasil, namun wafatnya Sultan tidak diberitakan.
Sistem kerajaan Demak dan Majapahit hampir sama, di masa Demak juga ada “kunjungan menghadap raja” seperti zaman majapahit. Pengadilan pradata juga ada seperti zaman pra-Islam. Dijawa hukum adat dan hukum peradilan yang bercorak Hindu masih bertahan di samping hukum Islam.
Menurut babad di Jawa Tengah, Sultan Trenggana diganti olrh Susuhunan Prawata. Sama sekali tidak ada berita dalam babad Jawa mengenai pemerintahan Susuhunan Prawata. Susuhunan Prawata di bunuh tahun 1549 oleh Arya Penangsang yang akhirnya tahun itu juga mati. Setalah itu Jaka Tingkir menjadi penguasa Demak dan diakui penguasa Jawa Tengah dan Jawa Timur sebagai maharaja. Berikutnya ia memindahkan pusat kerajaan Demak ke pedelaman, Pajang.

Anak-anak Geng SMA Di Yogyakarta

Berikut beberapa contoh Nama-nama Gank ternama yang ada di Sekitar Yogyakarta,

Genk sekolah
  Kelompok siswa yang di dirikan dengan banyak sisi negatifnya padahal mereka adalah kelompok yang terbentuk secara loyal, mungkin kalo diarahkan yang bener bisa jadi kelompok yang hebat dan dahsyat kalie ye  .

Bigini nih  potret dari remaja dan siswa sekolah di Indonesia sekarang, identik dengan kekerasan, Ketidak jujuran nyontek sana-sini, tawuran, mendem atau mabuk-mabukan , ngerokok cuma ikut-ikutan ,ngerjain PR pas dikelas pagi-pagi,Mbolosan, wah parah deh.
Gak tau kenapa bisa terbentuk mungkin karena terlalu banyak nonton  film mandarin, gengster, mafia,  Kebanyakan geng sekolah yang ada saat ini adalahtradisi turun temurun dari angkatan terdahulu.Wah emang hebat ya bisa diwaris-wariskan, coba yang diwariskan genk positif musti keren tuh bisa jadi amal jariah.
Tapi gak isa dipungkiri gak tau budaya ini gimana asal mulanya tapi gua juga pernah dimasa-masa ini bro, ya nakal tapi sembodo hahahaha, kadang nakal itu baik, tapi alangkah lebih baik bila sembari masih muda guakan waktu buat mempersiapkan diri menjadi pemenang atau juara dalam kehidupan, jangan sampai nyesel udah tua baru sadar huwahh kasian bener nih nasib.
Di beberapa kasus menggabungkan diri menjadi anggota geng sekolah merupakansalah satu syarat agar dapat diterima dalam pergaulan anak muda. Alasan lain mereka bergabung dengan geng sekolah adalah kenikmatan dan kepuasan yang mereka dapatkan dalam komunitasnya. Pengakuan, rasa aman dan nyaman karena bareng-bareng, kebanggaan akan identitasnya menjadi sebuah anggota genk.
Kita tidak boleh hanya menyalahkan saja sob liat sisi postifnya ? kira-kira apa ya hehhehe, kalo dikilas balik kan masa remaja itu masa pencarian jati diri, pingin diakui, masa puberlah cari-cari perhatian dan lainnya, Banyak juga penyebabnya karena lingkungan,komunkasi dengan  orang tua kurang, terkucilkan, atau apalah.
Sebenarnya semua itu ada solusinya tingal bagaimana kita mengabungkan kekuatan untuk membimbing genk ini biar ajdi solid tapi kegiatan positif, nah loh gmana caranya gua juga gak begitu paham, tapi butuh kerjasama yang baik antara para mahasiswa (mentor kakak-kakak alumni mereka), kegiatan sekolah, orang tua, guru, pemerintah,Praktisi, pendidik,  dan masyarakat sekitar untuk mengarahkan mereka ke jalan yang lurus.
Indonesia nantinya akan dipegang oleh generasi-generasi saat ini, kalo tidak dibimbing sejak dini walah gak tau nantinya akan jadi negara kurupsi nomer berapa lagi, akan banyak kekerasan dimana-mana,
wuihh pendidikan self control manajemen sangat lah diperlukan, pendidikan akidah dan akhlak , agama, bukan cuma pendidikan akademis bro, pinter saja gak cukup, baik saja juga gak cukup, kalo cuma pinter yang bisa korupsi triliunan itu orang pinter banget, nah sekarang   kita harus bangkit bro, saatnya spirit for better .
ni sob daftar Genk SMA NEGERI di jogja :
SMA 2 Jogja — Nocazta (NCZ)
SMA 3 Jogja — Tentara Nasional TigaBhe (TNT)
SMA 4 Jogja — Sunday Morning Cartoon (SMC)
SMA 5 Jogja — Roever (Republik Five Revolution)
SMA 6 Jogja — dulu DEPAZTER (Depan Pasar Terban) skarang ada yang baru GNB
SMA 7 Jogja — G B Z
SMA 8 Jogja — CanteenBoyZ (CBZ)
SMA 9 Jogja — Sagan Zatoe (GANZA)
SMA 10 Jogja — SMUTEN
SMA 11 Jogja — Ras Eleven Mania (REM)
SMA GAMA — Regazt (RGZ)
Genk SMA SWASTA di Jogja :
SMA BOPKRI I —- NIGHT BOY (NBZ)
SMA BOPKRI II —- PASTOER (PST) pejuang + BOZER (BZR) pecinta , dan berubah menjadi “Revolution In BODA” (R.I.B)
SMA Santo Mikael —- Saint Michael Commando ( SMICK)
SMA Sang Timur —- MALIBU (MLB)
SMA PIRI 1 — R O P
SMA Muhamadiyah 1 — OESTAD (Oerganisasi Siswa Taat Darus)
SMA Muhamadiyah 2 — RANGER (Remaja Alim Neng Gelem Rusuh)
SMA Muhamadiyah 3 — GRIXER (Gerakan Islam Seneng Rusuh) / Muga Holic
SMA Muhamadiyah 4 — WARRIOR
SMA Muhamadiyah 5 — GHENIKS
SMA Muhamadiyah 6 — MOESIX 
SMA Muhamadiyah 7 — RESPECT (Remaja Islami Perempatan Kapten Teendean)
MAN 1 Yogyakarta — GAZTA (GZT)
MAN 2 Yogyakarta — MANUFER (MNF)
MAN 3 Yogyakarta — Moeslem Battle Zone ( M B Z )
SMA Kolese De Britto — LBD , LPZ (Laki-laki Penuh Doza), HIPPIES
SMA Bopkri Banguntapan — PBZ
SMA Pangudiluhur —- HAMMER (HMR)
SMA GAMA (Gadjah Mada) —- Gadjah Mada Hooligans (GMH)
Genk DAERAH SUB URBAN kota Jogja :
SMA Banguntapan Bantul — B G Z
SMA 1 Kalasan — Social (SOC’S)
SMA 1 Prambanan Sleman – (Remaja Sosial Penuh Canda Tawa (RESPECT)
SMA 2 Ngaglik Sleman — Depan Blakang Zawah (DBZ)
SMA 1 Depok Sleman —Barikade Bocah Cuek (BBC)
SMA 1 Ngemplak Sleman — PLAZA
SMA 1 Ngaglik Sleman — Serdadu Mania Satoe Ngaglik (SMG)
SMA 1 Sedayu —- Squad Negeri Satu Sedayu (SUNSED)
SMA 1 Turi —- CTZ
SMA 1 Mlati —- CMS
SMK 1 Seyegan —- BOSSE
SMK Piri Sleman —- MAERMOZE (MMZ)
SMA 1 Pakem —- Planet Itam (P.I)
SMA 1 Kasihan / Terto —- SECTOR
SMA 2 Sleman —- SNEROZ
SMA 1 Sewon —- SMASE
SMA 2 Bantul —- EXSCO / ROOSTER (Revolution of Smada Teritory)
SMA N 3 Bantul —- STIMCO (Sekolah Timur Colam)

SMA 1 Jetis —- BRIJETZ
SMA Muhammadiyah 1 Bantul —- BEMZET
SMA Stella Duce Bantul —- Squad Independent (SAINT)_
Genk SMK/STM di jogja :
SMK N 2 Yogyakarta — STEMSA
SMK N 3 Yogyakarta — Revolution Zetis Loro VOZTER (VZR)
SMK Pembangunan Yogyakarta — Xtra Trouble Maker (XTM)
SMK Muhamadiyah 3 — MORENZA (MZA)
SMK Piri 1 Yogyakarta — STEPIRO

Berkelahi boleh aja,namanya juga anak muda, cuma laen kali kalo mau kompetisi yang sportive jangan cuma fisik doank kayak binatang ” ayam aja bisa berkelahi”  ,pakai otak donk, Berkelahi dengan kejeniusan lhoe , lawan tuh jutaan pengaguran yang ada, lawan tuh kebodohan, kemiskinan, Koruptor, atau apalah , jaga amanah orang tua loe, Tawuran fisik mah cemen ,
Yang suka tawuran dan berkelahi hati-hati jangan sampai mati konyol, apa gunanya sih nyakiti orang dan diri sendiri,otaknya dipakai dikit jangan cuma dimasukin di tas, Bukannya gua sok sokan ya, tapi beneran deh jangan sampai loe nyesel , yowes saiki genk-genk podo salaman, ayo ke panti asuhan bareng, baksos bareng nah gitu kan enak.

Ramalan Golongan Darah



Tahukah anda???

Di Jepang, ramalan tentang seseorang lebih ditentukan oleh golongan darah daripada zodiak atau shio. Kenapa? Katanya, golongan darah itu ditentukan oleh protein-protein tertentu yang membangun semua sel di t
ubuh kita dan oleh karenanya juga menentukan psikologi kita. Benar apa tidak?

Golongan Darah: A, B, O, AB

SIFAT SECARA UMUM
A terorganisir, konsisten, jiwa kerja-sama tinggi, tapi selalu cemas (krn perfeksionis) yg kadang bikin org mudah sebel, kecenderungan politik: 'destra'
B nyantai, easy going, bebas, dan paling menikmati hidup, kecenderungan politik: 'sinistra'
O berjiwa besar, supel, gak mau ngalah, alergi pada yg detil, kecenderungan politik: 'centro'
AB unik, nyleneh, banyak akal, berkepribadian ganda, kecenderungan politik

BERDASARKAN URUTAN
Yg paling gampang ngaret soal waktu
1 B (krn nyantai terus)
2 O (krn flamboyan)
3 AB (krn gampang ganti program)
4 A (krn gagal dalam disiplin)

Yg paling susah mentolerir kesalahan org :
1 A (krn perfeksionis dan narsismenya terlalu besar)
2 B (krn easy going tapi juga easy judging)
3 AB (krn asal beda )
4 O (easy judging tapi juga easy pardoning)

Yg paling bisa dipercaya :
1 A (krn konsisten dan taat hukum)
2 O (demi menjaga balance)
3 B (demi menjaga kenikmatan hidup)
4 AB (mudah ganti frame of reference)

Yg paling disukai utk jadi teman :
1 O (orangnya sportif)
2 A (selalu on time dan persis)
3 AB (kreatif)
4 B (tergantung mood)

Kebalikannya, teman yg paling disebelin / tidak disukai:
1 B (egois, easy come easy go, maunya sendiri)
2 AB (double standard)
3 A (terlalu taat dan scrupulous)
4 O (sulit mengalah)

MENYANGKUT OTAK DAN KEMAMPUAN
Yg paling mudah kesasar / tersesat
1 B
2 A
3 O
4 AB

Yg paling banyak meraih medali di olimpiade olah raga:
1 O (jago olah raga)
2 A (persis dan matematis)
3 B (tak terpengaruh pressure dari sekitar. Hampir seluruh atlet judo, renang dan gulat jepang bergoldar B)
4 AB (alergi pada setiap jenis olah raga)

Yg paling banyak jadi direktur dan pemimpin
1 O (krn berjiwa leadership dan problem-solver)
2 A (krn berpribadi 'minute' dan teliti)
3 B (krn sensitif dan mudah ambil keputusan)
4 AB (krn kreatif dan suka ambil resiko)

Yg paling gampang nabung :
1 A (suka menghitung bunga bank)
2 O (suka melihat prospek)
3 AB (menabung krn punya proyek)
4 B (baru menabung kalau punya uang banyak)

Yg paling kuat ingatannya
1 O
2 AB
3 A
4 B

MENYANGKUT KESEHATAN
Yg paling panjang umur :
1 O (gak gampang stress, antibodynya paling joss!)
2 A (hidup teratur)
3 B (mudah cari kompensasi stress)
4 AB (amburadul)

Yg paling gampang gendut
1 O (nafsu makan besar, makannya cepet lagi)
2 B (makannya lama, nambah terus, dan lagi suka makanan enak)
3 A (hanya makan apa yg ada di piring, terpengaruh program diet)
4 AB (Makan tergantung mood, mudah kena anoressia)

Paling gampang digigit nyamuk :
O (darahnya manis )

Yg paling gampang flu / demam /batuk / pilek
1 A (lemah terhadap virus dan pernyakit menular)
2 AB (lemah thd hygiene)
3 O (makan apa saja enak atau nggak enak)
4 B (makan, tidur nggak teratur)

Apa yg dibuat pada acara makan2 di sebuah pesta :
O (banyak ngambil protein hewani, pokoknya daging2an)
A (ngambil yg berimbang. 4 sehat 5 sempurna)
B (suka ambil makanan yg banyak kandungan airnya spt soup, soto , bakso dsb)
AB (hobby mencicipi semua masakan, 'aji mumpung')

Yg paling cepat botak :
1 O
2 B
3 A
4 AB

Yg tidurnya paling nyenyak dan susah dibangunin :
1 B (tetap mendengkur meski ada Tsunami)
2 AB (jika lagi mood, sleeping is everything)
3 A (tidur harus 8 jam sehari, sesuai hukum)
4 O (baru tidur kalau benar2 capek dan membutuhkan)

Yg paling cepet tertidur
1 B (paling mudah ngantuk, bahkan sambil berdiripun bisa tertidur)
2 O (Kalau lagi capek dan gak ada kerjaan mudah kena ngantuk)
3 AB (tergantung kehendak)
4 A (tergantung aturan dan orario)

Penyakit yg mudah menyerang :
A (stress, majenun/linglung)
B (lemah terhadap virus influenza, paru-paru)
O (gangguan pencernaan dan mudah kena sakit perut)
AB (kanker dan serangan jantung, mudah kaget)

Apa yg perlu dianjurkan agar tetap sehat :
A (Krn terlalu perfeksionis maka nyantailah sekali-kali, gak usah terlalu tegang dan serius)
B (Krn terlalu susah berkonsentrasi, sekali-kali perlu serius sedikit, meditasi, main catur)
O (Krn daya konsentrasi tinggi, maka perlu juga mengobrol santai, jalan-jalan)
AB (Krn gampang capek , maka perlu cari kegiatan yg menyenangkan dan bikin lega).

Yg paling sering kecelakaan lalu lintas (berdasarkan data kepolisian)
1 A
2 B
3 O
4 AB